Senin, 15 Februari 2010

RAHASIA PERKALIAN ANGKA (Multiplication SECRET NUMBERS )

Belajar matematika berarti belajar tentang angka-angka yang kadang membosankan karena melibatkan berbagai logika. Tulisan ini merupakan seri dari rahasia angka. Dengan menggunakan teknik-teknik tertentu menjadi matematika menjadi sangat menyenangkan.
Memaksakan sesuatu materi pelajaran terhadap siswa tanpa teknik yang menarik menjadikan siswa akan semakin membenci pelajaran yang kita berikan. Perlu di ingat bahwa setiap siswa tidak memiliki kemampuan dan keinginan yang sama pada saat mereka masuk ke dalam kelas matematika. Ibarat salesman kita harus dapat menawarkan materi yang kita berikan pada saat itu sehingga siswa menjadi suka, membeli, bahkan kecanduan dengan produk mata pelajaran yang berikan.
Mereka akan dengan senang masuk ke dalam kelas kita, bahkan mereka menjadi kangen pada kelas matematika.

1. Perkalian Dengan Langkah (Kelang) 1 Angka
Dalam pertemuan kali ini saya akan memberikan pengalaman yang sangat menarik. Merkipun saya bukan guru matematika tak ada salahnya menularkan dan perlu kita pelajari bersama.
Kali ini kita akan membicarakan bagaimana perkalian dua buah bilangan dengan selang tertentu. Biasanya seseorang lebih hapal perkalian bilangan sama seperti 9 x 9 = 81, 11 x 11 = 121, 20 x 20 = 400 dan seterusnya. Disaat seseorang mengalikan 8 x 10 akan akan berfikir sejenak, ketika mengalikan 21 x 23 juga demikian maka seseorang akan mengerutkan dahinya. Apalagi akan mengalikan 15 x 19 akan semakin sulit.
Dengan teknik tertentu maka dapat mempermudah kita dalam mengajarkan kepada siswa. Terus terang saya membaca pemecahan ini dalam buku ensiklopedia matematika dan peradapan manusia yang merupakan buku bacaan anak saya, yang lumayan mahir sempoa. Terus terang saja saya juga kalah dengannya. Tapi modifikasinya saya dapatkan sendiri, ini semua merupakan pengembangan yang saya lakukan sendiri. Dengan demikian akan lebih bervariasi bahkan lebih menakjubkan. Saya sendiri sempat senyum sendiri kok bisa ya?
Sekarang kita mulai dari yang sederhana:
8 x 10 = 92 – 1 = 81 – 1 = 80 mengingat 92 sesuatu yang mudah dan di kurang dengan 1
11 x 13 = 122 – 1 = 144-1 = 143, mengingat 112 tentu lebih mudah daripada 10
Sekarang kita coba yang lebih besar
23 x 25 = 242 – 1 = 576 – 1 = 575
Coba Anda yang lainya
7 x 9 = ….
5 x 7 = ….
19 x 21 = ….
Ha Ha Ha Mudah Kan…

Sekarang jika perkalian itu kelangnya ada 3 angka
Contohnya 11 x 15 = ….. ?
7 x 11 = …. ?

Kuncinya mengambil bilangan tengahnya, caranya lengkapnya seperti ini
7 x 11 di tengahnya terdapat angka 7 8 9 10 11 ambil angka 9 maka
7 x 11 = 92 – 22 = 81 – 4 = 77
11 x 15 ambil tengahnya 132 – 22 = 169 – 4 = 165
24 x 28 = 262 – 22 = 676 – 4 = 672
Ansyiik kan. Oke Deh Selamat Mencoba semua ini adalah hal yang mengasyikan.
Salam dari Kami di Banyuasin. Majulah terus pendidikan Indonesia, akan saya lanjutkan di kesempatan yang lain dengan yang lebih menarik.

Mahfud MD (Ketua MK)

Adsense Indonesia