Kamis, 07 Juli 2011

Pusat Perhatian Media Pembelajaran


Dalam pembuatan media yang menjadi tujuan utama adalah siswa. Dengan demikian dalam perancangan media berbasis komputer harus memperhatikan unsur-unsur tersebut. Media yang disusun harus menarik perhatian siswa. Tetapi media ini tetap tidak dapat menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran, jadi media pembelajaran digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
Media yang baik mempunyai beberapa kriteria baik dari segi konten, tampilan, maupun kemudahan dalam operasional. Konten yang dimaksud disini adalah isi dari bahan ajar tersebut harus sesuai dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator yang sudah disusun dalam Rencana Proses Pembelajaran (RPP). Tampilan juga memegang peranan sangat penting. Dimana dalam setiap lembar atau slide harus ada yang menjadi pusat perhatian dalam penyusunan. Apakah gambar, tulisan atau obyek lain yang menjadi pusat perhatian  di dalam media tersebut.
Ada beberapa kriteria yang dapat dipilih dalam penyusunan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya adalah sebagai berikut:
 
Gambar 2.1(a) Pusat perhatian obyek

Dari tampilan yang ada terlihat bahwa yang menjadi pusat perhatian pertama kali adalah judul, kemudian ilustrasi bisa berupa gambar, obyek, tabel, video, animasi atau sejenisnya. Kemudian di lanjutkan dengan teks. Jadi urutan tampilan media di atas adalah Judul, Gambar, tulisan. Dapat juga tersusun dengan menu seperti format berikut ini

Gambar 2.1(b) Perhatian pertama kali pada judul

Dari contoh media di atas maka setiap pembaca atau yang melihat media tersebut yang pertama akan tertentu pada judul, kemudian membaca tulisan atau melihat gambar yang ada. Pusat perhatian harus menarik sehingga siswa cenderung untuk melihat hal tersebut.
Tentu kita dapat saja membuat media dengan teknik perhatian yang lain seperti, kita ingin menonjolkan gambar atau yang lainnya tergantung pada kebutuhan dan kepentingan yang ingin kita tuju. Prinsip yagn penting adalah menarik perhatian siswa sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan proses pembelajaran berlangsung meriah, siswa senang di dalam kelas dengan demikian minat belajar akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
Kita dapat juga membuat media dengan pusat perhatian adalah gambar. Dengan demikian maka gambar yang kita buat harus dibuat semenarik mungkin. Gambar harus lebih menonjol dibandingkan dengan judul atau tulisan. Setiap siswa yang melihat terlebih dahulu akan melihat gambar, kemudian akan membaca apa gambar tersebut dan hal-hal yang berkaitan dengan gambar.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini

Gambar 2.2(a) Gambar sebagai pusat perhatian
Dari alur yang ada audiens atau siswa akan melihat gambar terlebih dahulu dengan demikian gambar harus diatur semenarik mungkin. Penerapakan dari alur di atas dapat dilihat pada presentasi berikut ini.

Gambar 2.2(b) Contoh gambar sebagai pusat perhatian

Kita dapat mengembangkan sendiri cara untuk membuat titik perhatian berdasarkan kebiasaan kita. Secara umum gambar memang sangat cocok dijadikan sebagai pusat perhatian dalam proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan kebiasaan, bahan media gambar lebih menarik daripada tulisan. Maka dalam pembuatan presentasi power point jika bisa dibuat diagram, gambar, table, grafik mengapa harus dibuat tulisan.
Dengan gambar maka siswa mempunyai inspirasi masing-masing, setiap gambar akan memberi sejuta makna bagi yang melihatnya.

Tidak ada komentar:

Mahfud MD (Ketua MK)

Adsense Indonesia