Kamis, 28 Juli 2011

Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar


Ketika saya menekan tuts computer pertama kali pada tahun 1988/1989 saya tidak pernah menyangka kalau computer akan berkembang sedemikian rupa seperti sekarang. Waktu itu saya hanya berfikir computer merupakan barang langka yang tidak ada di sembarang tempat dan harganya sangat mahal.
Waktu itu computer adalah jenis XT, dan AT 286, kedua computer ini merupakan barang antic yang pasti sekarang hanya ada di museum milik bil gate, atau perusahaan computer lainnya.
Sekarang computer sudah sedemikian rupa majunya, sudah masuk ke dalam berbagai lini, saya sendiri kalau tidak menekan tuts computer dalam satu hari rasanya kangen sekali. Sebagai guru saya banyak menghabiskan waktu untuk mengajar, menulis dam memelototi layar monitor, dengan kacamata + ku yang antic.

Saya pernah mengalami kejadian lucu yang tidak pernah dapat dilupakan seumur hidupku. Pada tahun 2003, saya mengikuti lomba Clasroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Saat itu saya sudah mengenal computer dengan baik, dapat membuat slide dengan Power Point. Akan tetapi pada saat itu tidak satupun LCD monitor disediakan dinas Pendidikan Propinsi, yang ada hanyalah OHP.
Saya bergelut semalaman untuk membuat OHT (beningan), saya hasilnya cukup fantastis. KArena itu adalah lomba pertamaku dalam CAR dan saya mewakili propinsi dalam lomba CAR tingkat Nasional di Batu Malang. Ketika sampai di malang saya terpana, betapa saya tertinggal semua orang dari pulau jawa menggunakan LCD, Flasdisk dan semua barang-barang yang asing bagiku.
Sejak saat saya tidak lagi perduli dengan lingkungan, bahwa teknologi merupakan hal yang harus dikuasai meskipun dengan keadaan serba terbatas. Ini semua yang memicuku sampai saat itu, hingga menjadi cukup di kenal di Banyuasin dan Sumatera Selatan.
Komputer terutama internet merupakan sumber belajar yang harus di manfaatkan oleh semua guru karena di dalam internet terdapat jutaan bahkan milyaran informasi yang ada  dan terupload setiap detik.
1.       Internet Sumber Belajar
Ada beberapa trik yang harus dilakukan oleh guru dalam penggunaan internet, pertama adalah browsing, mencari informasi sesuai dengan mata pelajaran. Dalam browsing kita dapat mencari gambar, materi, skema, media yang dapat digunakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Saat itu guru tidak lagi hanya berpedoman pada buku, karena buku biasanya tertinggal dengan informasi dari internet yang serba baru.

2.       Internet Lebih Murah
Disamping itu dengan internet tentu pengeluaran menjadi lebih murah, jika kita browsing selama 3 jam di warnet, maka hanya mengerluarkan 10 ribu saja, tetapi jika kita mencari buku dengan dengan kualitas yang ada di internet, tentu dengan harga yang lebih mahal.
Peserta didik kita juga harus terbiasa dengan internet, guru harus dapat menggiring siswanya untuk menggunakan internet sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Perlu di ingat bahwa TIK bukan saja miliki guru TIK, tetapi harus dimiliki oleh semua guru mata pelajaran. Dengan teknologi semua menjadi mudah. Kendala hanya di dapatkan pada awal waktu penggunaan, selanjutnya terserah Anda, pasti akan keranjingan seperti saya.

3.       Teknik Penggunaan
Dalam penggunaan internet, kita dapat melakukan secara halus sebagai contoh tugas yang kita berikan dikumpulkan melalui email, atau kita kirimkan email tugas pada siswa. Dengan demikian maka siswa harus membuat email. Kita dapat juga memasang tugas di dalam blog, atau website. Siswa yang akan melihat tugas harus mengunjungi blog yang bersangkutan.
Sebenarnya kita memaksa siswa untuk dapat menggunakan internet secara halus, jika hal ini tidak dilakukan maka penggunaan internet hanya isapan jempol saja.
Internet juga dapat digunakan untuk mengajar secara langsung di kelas dengan bantuan LCD Proyektor, siswa akan mendapatkan hal-hal baru dan akan berusaha mencarinya sendiri baik dirumah maupun di warnet tentang materi yang dipelajari.
Kita dapat juga memanfaatkan secara offline, ini dilakukan jika computer di sekolah kita tidak tersambung dengan jaringan internet atau karena tidak ada hospot di sekolah kita. Dowload materi dan gunakan untuk mengajar di kelas.

2 komentar:

wiwik dian astuti,SP.d mengatakan...

Saya salah seorang guru biologi di SMAN 1 BANYUASIN I,yang benar benar mengucapkan terimakasih yg tak trhingga kpd bpk,krn bapak motivator awal saya mengenal ICT,semenjak bpk mnberikan materi ICT di workshop yg di adakan SMAN 1 BA thn 2009,alhamdulilah bahan ajar dan evaluasi belajar yg sy gunakan sdh berbasis IT...terimakasih pak sagiman.

wiwik dian astuti,SP.d mengatakan...

Saya salah seorang guru biologi di SMAN 1 BANYUASIN I,yang benar benar mengucapkan terimakasih yg tak trhingga kpd bpk,krn bapak motivator awal saya mengenal ICT,semenjak bpk mnberikan materi ICT di workshop yg di adakan SMAN 1 BA thn 2009,alhamdulilah bahan ajar dan evaluasi belajar yg sy gunakan sdh berbasis IT...terimakasih pak sagiman.

Mahfud MD (Ketua MK)

Adsense Indonesia