Senin, 29 November 2010

Menyusun Analisis Tujuan Mata Pelajaran

Dalam pembelajaran perlu adanya persiapan yang baik agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Salah satunya dengan memperiapkan perangkat pembelajaran. Untuk membuat perangkat pembelajaran menggunakan aturan-aturan yang benar sesuai dengan buku petunjuk teknik yang dikeluarkan oleh PSMA untuk guru-guru di SMA.
Perangkat yang harus siapkan pertama kali adalah analisis tujuan mata pelajaran. Perhatikan dengan baik setiap SK dan KD pada mata pelajaran masing-masing saat ini belum dilihat tujuan mata pelajarannya. Padahal mata pelajaran merupakan hal yang sangat penting berkaitan dengan SK, KD dan SKL yang harus dituju oleh peserta didik.
Untuk itu perlu dibuat analisis Tujuan mata pelajaran, pelajaran tersebut ada di kelas berapa saja, semester berapa, KD berapa dan seterusnya.
Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini. Pada contoh yangadalah mata pelajara fisika untuk kelas 11

Analisis Tujuan Mata Pelajaran


Satuan Pendidikan    : SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III
Tahun Pelajaran       : 2010/2011
Mata Pelajaran          :Fisika



Tujuan Mata Pelajaran
Ranah Kompetensi
Substansi Materi

Implementasi dalam pembelajaran
 (Hubungan dg KD)

C
A
P
·         Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa


v

·         keteraturan dan keindahan alam serta
·         mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
Terkolaborasi pada semua KD yang ada pada mata pelajaran fisika
·         Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur,  obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain

v
v
v
·         Sikap ilmiah yaitu jujur,  obyektif, terbuka, ulet, kritis
·         Bekerjasama dengan orang lain
Terkolaborasi pada semua KD yang ada pada mata pelajaran fisika
·         Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
·         baik secara kualitatif maupun kuantitatif

v

v
·         Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah,
·         Menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
Terkolaborasi pada semua KD yang ada pada mata pelajaran fisika

Penjelasan :
Tujuan Mata Pelajaran adalah pada kurikulum
Tingkat Ranah : C = Kognitif A = Afektif dan P = Psikomotorik
Subtansi Materi: Kandungan materi yang ada
Implementasi : Materi itu ada pada SK, KD, Kelas dan Semester berapa

Selamat mencoba melengkapi perangkat pembelajaran Anda

Tidak ada komentar:

Mahfud MD (Ketua MK)